Beranda | Artikel
Allah Menciptakan Makhluk Yang Lebih Besar Dari Manusia
Selasa, 2 November 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Allah Menciptakan Makhluk Yang Lebih Besar Dari Manusia merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 25 Rabiul Awal 1443 H / 1 November 2021 M.

Allah Menciptakan Makhluk Yang Lebih Besar Dari Manusia

3. Allah menciptakan makhluk yang lebih besar dari manusia

Menit ke-4:36 Yang mampu menciptakan makhluk megah dan besar, pastilah Dia akan mampu juga menciptakan makhluk yang lebih kecil. Tentu tidak bisa diterima oleh akal sehat jika ada seseorang yang mampu mengangkat beban yang berat lantas dikatakan kepadanya ‘kamu tidak akan mampu mengangkat beban yang lebih ringan.’

Seorang yang mampu membangun sebuah istana megah, pastilah dia akan lebih mampu lagi membangun rumah yang kecil. Itulah logika sehat yang bisa diterima oleh akal kita.

Dan milik Allah permisalan yang jauh lebih lebih tinggi. Banyak ciptaan-ciptaan Allah yang jauh lebih besar dan megah ketimbang ciptaan manusia. Tidak mungkin kita mengatakan kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi: ‘Engkau takkan mampu menciptakan makhluk yang lebih kecil.’ Ini adalah pernyataan yang tidak mungkin diterima oleh akal.

Artinya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menciptakan langit dan bumi, Allah menciptakan alam semesta dan hal-hal yang jauh lebih besar lagi dari hal itu. Lalu apakah kita katakan Allah tidak akan mampu membangkitkan manusia?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَقَالُوا أَإِذَا كُنَّا عِظَامًا وَرُفَاتًا أَإِنَّا لَمَبْعُوثُونَ خَلْقًا جَدِيدًا

“Mereka berkata: ‘Apabila kami sudah menjadi tulang-belulang dan sudah hancur, apakah kami akan dibangkitkan lagi menjadi makhluk yang baru?`” (QS. Al-Isra`[17]: 49)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ قَادِرٌ عَلَىٰ أَن يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ وَجَعَلَ لَهُمْ أَجَلًا لَّا رَيْبَ فِيهِ…

“Tidakkah mereka melihat bahwasanya Allah itulah yang telah menciptakan langit dan bumi dan Allah juga Maha Berkuasa untuk menciptakan makhluk-makhluk yang semisal dengan langit dan bumi. Allah menetapkan ajal bagi mereka dan itu tidak diragukan lagi…” (QS. Al-Isra`[17]: 99)

Ibnu Taimiyah berkata bahwasanya sudah dimaklumi dengan akal sehat ciptaan langit yang tujuh lapis dan bumi yang berlapis-lapis ini jauh lebih besar dan megah ketimbang ciptaan seperti manusia. Tentunya kemampuan untuk menciptakan langit dan bumi itu jauh lebih membutuhkan kekuasaan dan kemampuan ketimbang menciptakan manusia.

Ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan makhluk yang jauh lebih besar, hal itu menandakan bahwa Allah lebih mudah menciptakan/membangkitkan makhluk yang lebih kecil.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan kepada kita bahwasanya yang telah menciptakan langit dan bumi yang sangat megah tersebut mampu menghidupkan tulang yang sudah menjadi tanah dan mampu mengembalikan ke kondisi awalnya.

4. Allah berkuasa merubah makhlukNya dari satu kondisi ke kondisi yang lain

Menit ke-25:34 Orang-orang yang mendustakan adanya hari berbangkit melihat bahwasanya matinya para hamba, kemudian mereka hancur menyatu dengan tanah, mereka kira untuk membangkitkannya kembali adalah satu hal yang mustahil.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50970-allah-menciptakan-makhluk-yang-lebih-besar-dari-manusia/